Pati – Kementerian Agama Kab. Pati menggelar Rapat Koordinasi (Rakor), dengan jajarannya dalam rangka persiapan menghadapi audit kinerja berbasis tugas dan fungsi 2.0 yang akan dilaksanakan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia di Kantor Kemenag Pati, bertempat di aula lantai dua kantor setempat, Senin (03/8/2020).
Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Pati dan diikuti oleh Kasubbag Tata Usaha beserta para Kepala Seksi dan Penyelenggara, kepala satker dan Pengelola Keuangan DIPA di lingkungan Kantor Kemenag Kab. Pati.
Dalam arahan Kepala Kantor Kemenag Pati Imron Rosyidi mengatakan, beberapa waktu yang lalu dirinya telah mendapatkan informasi dari Tim Irjen Kemenag Pusat melalui Kasubbag Tata Usaha terkait akan dilaksanakannya audit tersebut.
“Dari informasi yang kita terima, audit tersebut rencananya akan dilaksanakan pada minggu kedua bulan Agustus ini, akan tetapi untuk kepastiannya, kita masih menunggu surat pemberitahuan resminya,” tukas Imron.
Imron menegaskan, untuk menghadapi audit tersebut, Kasubbag, para Kasi dan Penyelenggara dapat mengkoordinasikan kepada stafnya masing-masing terkait hal ini, sehingga diharapkan mereka dapat bekerjasama mempersiapkan kelengkapan berkas bukti fisik sesuai dengan apa yang diminta oleh tim audit, baik kelengkapan berkas tugas dan fungsi Individu, maupun kelengkapan berkas tugas dan fungsi organisasi.
Dalam audit kali ini, kata Imron, ada empat fungsi utama yang akan diaudit, antara lain meliputi, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan outcome (hasil).
“Untuk bukti fisik Tusi individu, ada beberapa berkas yang harus dilengkapi, antara lain : Laporan Kinerja Harian, Bulanan, Sasaran Kinerja Pegawai (SKP), uraian tugas, analisis jabatan dan Standar Operasional Prosedur (SOP) sesuai Tusi,” kata Imron.
Sedangkan untuk bukti fisik Tusi organisasi, ada banyak berkas yang harus dipersiapkan, mulai dari rencana kerja, rencana strategis, Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKAKL), laporan pertanggungjawaban kegiatan dan laporan pertanggungjawaban keuangan.
Imron pun berharap seluruh berkas yang diminta oleh tim audit dapat segera dipersiapkan dan dalam pelaksanaannya nanti seluruh pegawai dapat bekerjasama secara aktif, sehingga proses audit nantinya dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala.
Sementara, KaSubbag TU Ahmad Syaiku selaku moderator mengatakan bahwa rapat hari ini terkait Persiapan menghadapi audit kinerja dan tugas pokok dan fungsi (Tusi) tahun 2020.
“Oleh sebab itu saya kembali tekankan kepada kita semua ASN bahwa dalam rangka audit kinerja, dan tusi ini, marilah kita persiapkan data-data pendukungnya, sesuai dengan kisi-kisi yang sudah di bagikan kepada satuan kerja (satker) masing-masing, seperti Daftar Hadir, Program Kerja, Perjanjian Kinerja, SKP, Lapora Kinerja Harian, SOP, Anjab, ABK, Pertanggungjawaban Laporan Keuangan, dokumen-dokumen berupa SK, MoU dan lain-lain sebagainya,” paparnya.
“Kemudian tentang persiapan audit kinerja dan tusi tahun 2020 ini, marilah kita persiapkan dokumen-dokumen pendukungnya sedini mungkin, agar pada saat pemeriksaan nanti, kita tidak kalang kabut, dan semuanya itu nanti segera dipersiapkan apa saja yang perlu dipersiapkan,” tambahnya.
“Data pendukung berupa dokumen-dokumen itu, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi kita masing-masing, karena Audit Kinerja kita sekarang ini, selain berbasis Tusi juga berbasis dokumen” pungkasnya.
Kegiatan ini diakhiri dengan dialog bersama untuk memaksimalkan persiapan menghadapi audit tersebut. (at)